RSS

Apa itu PC

15 Mei
Apa itu PC
The first developers of IBM PC computers negle...

The first developers of IBM PC computers neglected audio capabilities (first IBM model, 1981). (Photo credit: Wikipedia)


PC (Personal Computer)

    PC (Personal Computer) adalah komputer yang pada awalnya dikembangkan oleh IBM. IBM tidak keberatan produsen-produsen lain mengkopi konsep dasar IBM, sehingga banyak produsen komputer yang beralih membuat PC yang berfungsi sama seperti PC-IBM asli. Ketika PC semakin bertambah banyak dipasaran, para produsen software juga mulai membuat program-program untuk komputer jenis ini. Untuk mengantisipasi perkembangan tersebut, para produsen kembali terangsang untuk memproduksi komputer jenis IBM-PC.

    Dengan demikian PC menjadi jenis komputer yang tersukses diseluruh dunia. Karena alasan ini pula, maka setiap bagian dari Easy PC membahas produk-produk PC sebagai temanya.

Apple Macintosh
    Apple mulai membuat jenis PCnya sendiri, yaitu Macintosh atau sering disebut Mac kira-kira pada saat yang sama pada saat PC dilahirkan. Komputer jenis ini tidak kompatibel dengan hardware dan software PC. Apple sebagai produsen pertama telah menciptakan sebuah layar permukaan grafis dengan penggunaan gambar-gambar dan jendela-jendela (window), beberapa tahun sebelum Microsoft Windows terkenal.

    Sejak awal Apple memproduksi peralatan-perralatan lengkap. Ini berarti bahwa orang tidak perlu lagi membeli alat-alat tambahan untuk memperoleh apa yang diinginkan, karena memang dari pabriknya komputer Apple sudah dapat menghasilkan suara. Dan jika dibandingkan dengan PC yang lama, penggunaan Mac jauh lebih mudah.

    Macintosh berkembang menjadi komputer yang digemari orang-orang dari bidang-bidang kreatif seperti arsitek, musisi dan grafik designer yang memerlukan sebuah komputer yang handal dan mudah dioperasikan. Sampai sekarang Mac masih menjadi alternatif utama bagi PC.

PC lainnya
    Memang banyak produsen yang mengikuti konsep IBM, namun beberapa produsen mengembangkan sistem komputernya sendiri. Sistem ini tidak kompatibel dengan PC. Artinya, hardware dan software yang dikembangkan untuk sistem ini tidak dapat berjalan dalam sistem PC.

    Terlepas dari standar IBM tersebut, maka terciptalah home-computer yang dalam aspek-aspek tertentu menjadi lebih baik dan lebih sesuai untuk bidang-bidang tertentu seperti games, penyunting gambar dan penyunting suara. Komputer ini terutama sekali digunakan oleh orang-orang yang mempunyai minat dan tujuan yang khusus. 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 15, 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • RSS my feed

  •  
    %d blogger menyukai ini: