RSS

sekilas tentang Powerpoint

15 Mei

Powerpoint

Info dan Tips

byanisa

Powerpoint – Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untukpresentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
powerpoint icon Powerpoint

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadiPowerPoint.

Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

Adapun versi untuk Microsoft Windows adalah:

  • PowerPoint 2.0 untuk Windows 3.0
  • PowerPoint 3.0 untuk Windows 3.1
  • PowerPoint 4.0 (Office 4.x)
  • PowerPoint for Windows 95 (version 7.0) — (Office 95)
  • PowerPoint 97 (version 8.0) — (Office 97)
  • PowerPoint 2000 (version 9.0) — (Office 2000)
  • PowerPoint 2002 (version 10) — (Office XP)
  • PowerPoint 2003 (version 11) — (Office 2003)
  • PowerPoint 2007 (version 12) — (Office 2007)
  • PowerPoint 2010 (version 14) — (Office 2010)

PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan EntranceEmphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, danstruktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).

Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_PowerPoint

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 15, 2013 inci Uncategorized

 

Tinggalkan komentar

  • RSS my feed

  •